Alam semesta adalah sebuah lingkungan yang luar biasa besar dan hampir-hampir mustahil untuk bisa mengetahui apa saja yang ada di sana dan sampai batas mana keluasannya. Bumi sendiri dan sistem ke-planetan yang mengorbit matahari berada di dalam sebuah galaksi Bimasakti. Bimasakti sendiri berisi miliaran bintang.

Matahari adalah 1 dari sekitar 200 miliar bintang yang bergerak berputar bersama mengelilingi inti galaksi Milkyway/ Bimasakti. Jumlah galaksi besar (large galaxi) ada sekitar 350 miliar, ini pun belum pasti angkanya karena menurut teori fisika semesta dalam kondisi berkembang. Selain galaksi besar, galaksi kecil (dwarf galaxies) ada trilliunan buah jumlahnya.

Galaksi Bimasakti tempat kita sendiri adalah bagian dari kumpulan galaksi lain membentuk gugusan galaksi, diprediksi ada 25 miliar gugusan. Gugusan galaksi lantas berkumpul membentuk super cluster dan diprediksi ada 10 juta super cluster
dengan bintang-bintang serupa matahari, yang memiliki sumber cahaya sendiri, dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dari matahari, diprediksi sekitar 30 miliar trilliun (3×10²²) buah.

Sementara itu, keluasan alam semesta diprediksi berdiameter 14.5 Milyar tahun cahaya, dimana 1 tahun cahaya (ly : light year) = 9.46 x 10^12 km. Terbayang berapa luasnya?? Nah, di alam semesta selain Galaksi Bimasakti, ada miliaran galaksi termasuk tetangga paling ‘dekat’ galaksi Andromeda yang lebih gede dari Bimasakti.

Baru-baru ini NASA merilis sebuah foto penampakan Galaksi Andromeda yang bisa membuat kamu terpana. Bayangkan saja, dalam selembar foto ini, NASA membutuhkan 4,8 GB kapasitas dalam perangkat teknologi mereka. Kini, NASA merilis potongan foto itu dan siap membuat siapa saja takjub luar biasa!

Ini dia linknya

Advertisements