Sabtu, 25 Agustus, 2007 oleh Rovicky Putrohari
http://www.netsains.com

Rencana pembangunan PLTN Jepara tahun 2010 memicu pro dan kontra. Beragam isu keamanan, limbah nuklir, diangkat oleh mereka yang tidak setuju. Sedangkan yang pro berusaha mengingatkan bahwa energi alternatif ini sudah cukup aman dan merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan.

Didalam benak saya alasan pemanfaatan PLTN yg paling tepat hanyalah sebagai diversifikasi atau keberagaman pemanfaatan sumber daya energi untuk mengurangi ketergantungan pada satu jenis sumber energi. Harus disadari PLTN tidak akan mampu untuk menggantikan peranan minyak dan gas (Migas) maupun batubara, juga tidak untuk melawan geothermal energi. Selain itu PLTN juga diragukan dapat menurunkan harga jual listrik. Sedangkan alasan-alasan lain misanya risiko bencana dan juga lingkungan hanyalah komplimentari saja walau jelas bukan alasan utama.

Alternatif

Menurut saya keliru jika ada yang menyatakan sebaiknya memanfaatkan geothermal tetapi bukan PLTN. Saya akan tetap berpikiran keduanya diperlukan saat ini karena masing-masing memiliki ciri khasnya. Bahkan kalau ada energi gelombang pun sangat perlu dikembangkan dan diteliti pemanfatannya. Setahu saya di Indonesia rencananya PLTN hanya akan menyumbang kurang dari 10% kebutuhan listrik yang ada. Itupun belum tentu mencukupi total kebutuhannya. Soal risiko , semuanya ada risikonya tergantung seberapa besar kita memberikan angka atau mematerialkan risiko-risiko ini sehingga dapat disebandingkan.

Indonesia memiliki beragam sumber energi semuanya memiliki peluang yang sama untuk dikembangkan. Hanya saja secara praktis akan berbeda tahapannya. Ada yang saat ini diyakini ramah lingkungan tetapi mahal biayanya. Ada yang sangat murah biaya pembangkitannya tetapi mahal konstruksinya. Ada pula yang tidak perlu bahan bakar tetapi perlu alat yang canggih misal energi surya. Bahkan ada yang tiap hari ada tetapi teknologinya belum tersedia yg siap untuk kebutuhan yang sangat besar misalnya energi biomassa.Semua jenis sumber energi ini haruslah dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan tahapannya masing-masing.

Tapi mengapa kita perlu membangun PLTN saat ini? Karena kita sudah mempersiapkannya sejak lama. Dalam ilmu ekonomi semakin cepat memanfaatkan investasi maka nilai ekonominya selalu akan lebih tinggi. Investasi pemanfaatan PLTN, termasuk pembentukan BATAN dan pendidikan ahli pengelolaan PLTN sudah dipersiapkan sejak dahulu, tetapi pelaksanaannya selalu tertunda-tunda.

Advertisements