by : Nuswantoro

Malaysia Rencanakan Bangun PLTN

Tenaga Nasional Berhad (TNB) Malaysia, sebuah perusahaan yang menangani masalah sumber listrik di negeri itu, akan membangun pusat listrik tenaga nuklir yang menelan biaya sebesar 3,1 milyar dolar AS. Demikian laporan media massa setempat, Selasa.

“Kami tengah merancang sebuah pusat listrik tenaga nuklir yang akan menelan biaya 3,1 milyar dolar AS yang dapat menghasilkan listrik sebesar 1.000 MW,” kata Mohamad Zam Zam Jaafar, direktur Tenaga unit satuan khusus pemasok listrik dari energi nuklir, seperti dikutip oleh surat kabar setempat, The Edge Financial .

“Pemerintah Malaysia telah memerintahkan Tenaga untuk mencari kemungkinan bagi sumber alternatif listrik dari tenaga nuklir,” kata Mohamad menegaskan.

Harian the Edge Financial mengatakan Malaysia akan mengeluarkan cetak biru energi nasional bulan mendatang.

Wakil Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan pada bulan Juni lalu bahwa Malaysia sedang mempertimbangkan sumber alternatif nuklir bagi kebutuhan listrik untuk jangka panjang di tengah-tengah naiknya harga minyak di pasar dunia.

Mohamad mengatakan satuan tugas khusus yang dipimpinnya sedang membahas lokasi bagi pusat listrik tenaga nuklir tersebut dan mencari sumber uranium sambil menambahkan bahwa pihaknya telah mengatisipasi kemungkinan penolakan masyarakat akan rencana itu.

“Banyak hal yang harus dilakukan untuk mengubah sudut pandang masyarakat mengenai pusat listrik tenaga nuklir,” katanya.

Mohamad juga mengatakan TNB kemungkinan akan melakukan proyek tersebut dalam bentuk usaha bersama dengan pihak yang telah berpengalaman dalam pembangunan pusat listrik tenaga nuklir pertama Malaysia itu.

Pada saat ini separuh sumber tenaga listrik yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri Malaysia bersumber pada pusat listrik tenaga gas. Sementara sumber tenaga listrik lainnya diperoleh dari batu bara dan tenaga air.

Tahun lalu Malaysia mengatakan akan membangun laboratorium yang akan mampu memonitor program nuklir pertama di Asia Tenggara untuk memungkinkan para ilmuwan dapat menguji keamanan dari program energi nuklir di kawasan Asian Tenggara.

Dalam sebuah situs disebutkan TNB adalah perusahaan penyedia listrik terbesar di Malaysia sekaligus perusahaan pembangkit tenaga terbesar di kawasan Asia Tenggara. TNB dikenal sebagai sebuah perusahaan dengan performa baik. Pada tahun 2006 TNB menjadi satu-satunya perusahaan Malaysia di bidang energi yang masuk 50 perusahaan energi terbaik di Asia, berdasar survei yang dilakukan oleh lembaga Platts dari 250 perusahaan energi global. Pada tingkat dunia Platts menempatkan TNB diurutan ke 168. n nus/afp

Advertisements