28/02/2008 10:23 WIB
Demo Tolak PLTN, Warga Balongan akan Segel Kantor BATAN
Djoko Tjiptono – detikcom

Jakarta – Ribuan warga Balongan, Jepara, Jawa Tengah kembali berunjuk rasa menolak pembangunan Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Mereka berniat menyegel kantor riset Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) Jepara.

Hingga pukul 10.00 WIB, ribuan warga masih berkumpul di Simpang Lima, Balongan. Massa yang menamakan diri Kesatuan Rakyat dan Mahasiswa (Kraton) Balongan ini berdatangan sejak pukul 08.00 WIB.

“Dari tempat ini kita akan bergerak ke kantor riset BATAN. Kita akan menyegel kantor tersebut sebagai simbol penolakan warga terhadap pembangunan PLTN,” kata Koordinator Umum Kraton Balongan, Sumedi, saat dihubungi detikcom, Kamis (28/2/2008).

Dikatakan Sumedi, banyak hal yang menjadi alasan warga menolak pembangunan PLTN. Salah satunya adalah masalah keamanan dan keselamatan masyarakat.

“PLTN rawan kebocoran yang sangat berbahaya bagi masyarakat. Apalagi secara geologis, Indonesia terletak di wilayah yang rawan gempa,” ujar Sumedi.

Dalam aksinya, warga Balongan mengusung sejumlah spanduk dan poster. Spanduk-spanduk tersebut antara lain bertuliskan ‘Tolak Pembangunan PLTN’, ‘Segel Gedung Riset BATAN’, serta ‘Hentikan Intimidasi Terhadap Warga Balongan’. ( djo / umi )

Advertisements